Perkembangan Transportasi Perdagangan Internasional Indonesia | Geografi Kelas 11
Teman KOCO, tahukah kamu kalau Indonesia adalah salah satu negara terluas di dunia? Lalu, kenapa bisa disebut demikian, ya? Tentu saja karena laut yang kita miliki. Lantaran jalur transportasi dan perdagangan internasional yang kita miliki sejak dahulu kala hingga saat ini memiliki letak yang strategis dengan lautnya yang luas. Yuk kita simak lebih dalam seputar Perkembangan Transportasi Perdagangan Internasional Indonesia dibawah ini!

Perkembangan Transportasi dan Perdagangan Internasional Indonesia
Masa Kerajaan
- Kerajaan-kerajaan di Nusantara banyak melakukan hubungan dagang dengan bangsa lain, seperti Cina, India, Arab, bahkan Eropa.
- Kemudian, Kerajaan Sriwijaya (abad ke 6 hingga 10 M) menjadi kerajaan awal yang menguasai seluruh jalur perdagangan maritim Asia Tenggara melalui Selat Malaka dan Selat Sunda.
- Selanjutnya, Kerajaan Majapahit melakukan kegiatan ekspor rempah-rempah dengan pelabuhan tersibuk di daerah Bubat dan Canggu.
Masa Kolonial
- Kemaritiman mengalami kemunduran akibat penguasaan kolonial, yaitu
○ Kolonial Belanda, masuknya kongsi dagang VOC
○ Kolonial Jepang, menyita kapal penting Indonesia
Kemerdekaan
- Orde Lama → Penataan kembali maritim melalui deklarasi Djuanda.
- Orde Baru → Peralihan ke Pembangunan Darat (mengalami kemunduran maritim).
- Reformasi → Peningkatan maritim melalui Deklarasi Bunaken, Departemen Eksplorasi Laut, hingga Visi Poros Maritim Dunia.
Alur Laut Kepulauan Indonesia

● Alur laut yang ditetapkan sebagai alur untuk pelaksanaan Hak Lintas Alur Laut Kepulauan berdasarkan konvensi hukum laut internasional.
● Penentuan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI), yaitu:
○ ALKI I, melintasi Laut Cina Selatan, Selat Karimata, Laut Jawa, Selat Sunda, dan Samudera Hindia.
○ ALKI II, melintasi Laut Sulawesi, Selat Makasar, Laut Flores, dan Selat Lombok.
○ ALKI III, melintasi Samudera Pasifik, Laut Maluku, Laut Seram, Laut Banda, Selat Ombai, Laut Sawu, dan Samudera Hindia.
● Indonesia memiliki beberapa chokepoint dunia, yaitu Selat Sunda, Selat Lombok, Selat Ombai, dan Selat Malaka.
● Tol Laut merupakan jalur transportasi laut yang dibangun dari ujung timur sampai ujung barat atau utara selatan Indonesia dengan fungsi mengangkut barang atau komoditas yang diperlukan antar daerah.
● Manfaat tol laut
○ Pemerataan ketersediaan komoditas atau barang kebutuhan.
○ Berkurangnya fluktuasi harga dan mengurangi disparitas harga.
○ Lalu, meningkatkan investasi di daerah.
○ Dapat meningkatkan kesejahteraan seluruh lapisan masyarakat.
○ Bisa meningkatkan pembangunan infrastruktur di wilayah Indonesia.
○ Mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia.
Potensi Sumber Daya Kelautan Indonesia
● Hayati dan budidaya
○ Terumbu karang.
○ Jenis ikan bernilai ekonomi tinggi antara lain tuna, lobster, ikan karang, berbagai ikan hias, dan kerang.
○ Budidaya laut terdiri atas budidaya ikan, udang, moluska, dan rumput laut.
○ Bioteknologi kelautan meliputi industri bahan baku makanan, industri bahan pakan, benih ikan, dan udang.
● Mineral dan energi
○ Potensi minyak dan gas bumi yang tersimpan dalam cebakan cekungan.
○ Jenis bahan tambang dan mineral seperti emas, perak, timah, bijih besi, dan mineral berat.
○ Energi baru pengganti berupa gas hidrat dan gas bionik.
○ Sumber energi terbarukan meliputi energi pasang surut, energi gelombang, OTEC, tenaga surya, dan angin.
● Industri dan jasa maritim
○ Galangan (pembuatan) kapal dan dockyard.
○ Mesin dan peralatan kapal.
○ Kincir air tambak, pompa air, dan sebagainya.
● Transportasi laut
○ Transportasi laut berperan penting dalam dunia perdagangan internasional maupun domestik.
● Pariwisata bahari
○ Wisata bisnis, wisata pantai, wisata budaya, wisata pesiar, wisata alam, dan wisata olahraga.
Pengelolaan Sumber Daya Kelautan Indonesia
● Dengan cara menangkap ikan layak konsumsi yang memiliki tingkat regenerasi tinggi dan tidak termasuk dalam hewan terancam punah.
● Mengelola budidaya perikanan (seperti kakap dan kerapu), budidaya moluska, budidaya rumput laut, pengembangan industri bioteknologi kelautan.
● OTEC menjadi salah satu pengelolaan pertambangan dan energi terbarukan serta ramah lingkungan.
● Pengelolaan perhubungan laut ditujukan untuk meningkatkan aksesibilitas dan konektivitas antar pulau.
● Manfaat sumber daya kelautan meliputi sumber pangan, sumber obat-obatan, sumber mineral, sumber energi, dan sumber lapangan kerja.
Usai menyimak pemaparan diatas, kini kamu makin mahir menguasai seputar Perkembangan Transportasi dan Perdagangan Internasional Indonesia. Penasaran, kan untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman materi yang kamu miliki? Yuk kerjakan TEMU (Tes Kemampuan Kamu) di Kelas BESTIE , ya!
Oiya, Minco alias Mimin KOCO juga mau kasih bocoran, nih kalau KOCO Star juga menyediakan media pembelajaran jika kamu masih butuh penjelasan yang lebih lengkap lagi. Langsung klik gambar banner ini, ya!
Dapatkan juga akses ke ribuan materi atau video belajar Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, serta bantuan langsung dari para guru secara live online dengan berlangganan KODIO Learning. “Struggle that you do today is the single way to build a better future.“